Sunday, August 5, 2012

Cara Menciptakan Lagu

Seseorang yang ingin tau cara menciptakan lagu seringkali mengajukan pertanyaan bagaimana cara para pencipta lagu menciptakan lagu dan nadanya? Semoga saja tulisan ini bisa memberikan sedikit gambaran dan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Inspirasi ♫♪♩♬ itu datangnya kadang tidak terduga, kapanpun, dimanapun, dan sedang apapun. Beberapa tahun yang lalu, suatu malam di Kota kecilku Berau Kalimantan Timur, saat sedang berkumpul dengan teman - teman terbaik waktu itu. Disela-sela canda dan tawa bersama mereka, tiba-tiba terlintas diingatan sosok wanita yang sedang berada dalam jarak tempuh yang cukup jauh jika ingin menemuinya. semua orang pasti tau bahwa itulah yang namanya rasa rindu.

Diantara rasa kerinduan itu (Miss you like crazy) seluruh badan rasanya jadi lemas dan mencoba bersandar sambil memandang kosong keatas. Dalam keadaan itu pikiran hanya terus fokus tertuju padanya, membayangkan candanya, tawanya, senyum manisnya, dan semua hal terindah yang pernah terlewati bersamanya. Ingin rasanya menceritakan kepada dunia apa yang sedang dirasakan, tapi siapa yang mau mendengarkan? Dalam keadaan seperti itu masa mau curhat sama teman! Curhatpun paling dicuekin, sekalipun curhatnya didengarkan, ntar ujung-ujungnya pasti diketawakan.

Pada saat itulah tiba-tiba muncul ide curhat yang cemerlang, didepan tepian sungai segah tempat melayangkan pikiran itu, kebetulan ada warnet dan langsung menuju kesana untuk meminjam pulpen dan secarik kertas.

Lalu kembali ketempat semula dimana bayangan wanita bernama Cindy itu muncul. Kata demi kata terangkai mewakili perasaan untuk mengungkapkan apa yang dirasakan tentangnya. Sekitar satu jam kemudian lengkaplah sudah semua kalimat-kalimat yang akhirnya menjadi syair lagu lengkap dengan notasi angka yang tertulis di secarik kertas itu.

Nah, itulah sedikit bayangan bagaimana sebuah lagu bisa tercipta, jadi, jika ingin menciptakan lagu, cobalah membayangkan sesuatu yang bisa membawa perasaan kita hanyut kedalam suasana yang memancing untuk mengeluarkan sesuatu yang ingin disampaikan.

Bagaimana kalau tidak punya kisah kehidupan yang indah? ya, bayangkan saja segala sesuatu hal sedih & menyakitkan yang pernah terjadi. Situasi seperti itupun juga bisa mendukung seseorang untuk mengeluarkan kata-kata yang ingin disampaikan, sekalipun itu adalah kalimat amarah yang penuh emosi dan ingin diteriakkan dengan suara yang keras dan nada yang tinggi.kan jadi bisa menciptakan lagu Rock.

Menciptakan sebuah lagu ternyata gampang - gampang susah. Sangat gampang disaat ada ide dan inspirasi yang tiba-tiba muncul begitu saja, dan susah sekali jika harus memaksakan diri untuk menciptakannya. Tapi tetap masih bisa diakali bagaimana caranya memunculkan inspirasi untuk menciptakan sebuah lagu yang bagus.

Tips Cara Menciptakan Lagu "versi Aprilian"

1. Ambil alat musik gitar, mainkan dan nyanyikan lagu apa saja. Kalau bisa nyanyikan beberapa jenis musik, mungkin 4 atau 5 lagu dengan aliran berbeda seperti pop, Rock, Slow Rock, Hip Hop, lagu keroncong dan seriosa pun tidak masalah. Mengapa ini harus dilakukan ? Kalau saya sendiri biasanya setelah membawakan beberapa lagu, akan ada bayangan yang muncul diantara beberapa lagu yang sudah dinyanyikan, tapi bukan berarti harus mencontek orang lain. Hal ini dimaksudkan hanya untuk memancing daya imajinasi kita saja.

2. Ternyata tidak bisa memainkan alat musik ? itu bukan masalah ! Kenal dengan Teh Melly Goeslow yang jago nyiptain lagu ? pasti kenal kan ? Dalam sebuah wawancara dengan Deddy Corbuzier di acara Hitam Putih, Melly mengakui bahwa dia tidak bisa main alat musik, dan ternyata pada saat menciptakan lagu, Teh Melly minta bantuan dengan suaminya Anto Hoed untuk mencari Chord lagu yang dia ciptakan. Tentu hal ini juga sekaligus bisa menjadi sebuah kerjasama yang baik, jika ada nada-nada lagu yang kurang, mungkin saja Bang Anto bisa memberikan saran harus kemana notasi tersebut dialihkan. Berarti kitapun juga bisa seperti itu, cari saja teman yang pandai bermain musik, lalu ajak untuk bekerjasama membuat lagu.

3. Masih belum berhasil ? coba tidur disiang hari sekitar jam setengah dua atau 1.30. Usahakan bisa terbangun sore hari jam 4-5.! Apakah ini terdengar aneh ? Mengapa harus tidur ? dan apa hubungannya ? tentu saja ada hubungannya, dengan tidur pikiran bisa jadi lebih rilex dan santai serta melupakan semua beban pikiran yang menggangu saat masih terjaga, coba saja lihat orang yang sedang tidur, pasti mereka tidak memikirkan apapun, yang ada cuma mimpi saja. Bagaimana ? setuju ? Kalau setuju silahkan coba tidur dan setelah terbangun coba duduk sendiri sambil melamun dan bayangkan lagu yang ingin diciptakan. Kalau untuk saya sendiri cara ini berlaku. Entahlah untuk orang lain.

4. Yang ini juga patut dicoba, pergi ketempat yang pemandangannya indah atau pergi kedaerah pegunungan yang sepi, bisa juga tempat yang masih memiliki banyak pepohonan. Lokasi seperti ini juga bisa memunculkan inspirasi. Coba aja !

5. Menyendiri malam hari di tempat yang sepi, lapangan bola pun juga jadi, lokasi seperti ini juga mendukung munculnya ide.

Masing-masing orang pasti punya cara yang berbeda, dan beberapa cara diatas, sering saya lakukan dan sering berhasil. Ada beberapa puluh lagu yang sudah tercipta, tapi hanya 3 yang sudah direkam. Diantaranya ada yang dengan irama yang riang, ada juga Slow Rock tapi ternyata suara tidak pantas membawakan lagu itu, ada juga yang pop sangat slow sekali. Lagu-lagu yang sudah direkam tersebut sekaligus dinyanyikan sebagai kenang-kenangan yang nanti bisa ditunjukkan pada anak cucu, inilah suara Ayah sewaktu muda, inilah suara kakek dulu.
Posted by: Aprilian Updated at: 12:59 AM

0 comments:

Post a Comment

Don't forget to give your opinion by comments