Friday, August 10, 2012

Cara Membuat Lagu

Bagaimana caranya membuat lagu lengkap dengan musik pengiring dan vokal penyanyi ? pertanyaan ini pasti munculnya dari rasa penasaran orang yang ingin tau cara bikin lagu yang kadang menimbulkan kegiatan didalam otak dengan sebutan berfikir. Setelah berfikir apakah bisa menemukan jawabannya ? ternyata kebanyakan kasus yang ada saat seseorang berfikir hanya mendapatkan kebingungan, pusing, dan bahkan mungkin bisa jadi stress. Jika keadaannya sudah seperti ini, yang ditemukan pasti jalan buntu dan akhirnya tidak bisa menemukan ide untuk bisa membuat lagu.

Sekarang, berhentilah berfikir, coba untuk sedikit rilex, buatlah keadaan menjadi sangat santai seperti dipantai. lalu lanjutkan membaca tulisan ini untuk mengetahui tips dasar cara membuat lagu.

Tangga nada lagu itu hanya terdiri dari 7 not saja, yaitu Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si. sedikit sekali kan ? tapi dari 7 notasi tersebut sudah ada jutaan lagu bahkan mungkin milyaran yang telah diciptakan oleh pencipta lagu yang ada diseluruh dunia ini. Dari lirik lagu yang bertema tentang Cinta, kehidupan, Religi, lagu galau dan lain sebagainya. Nah inilah hal pertama yang mesti dilakukan, yaitu menciptakan lagu. Bagaimana caranya ? Coba baca tulisan saya Tips cara menciptakan lagu. Tips ini akan menjadi lebih mudah bagi mereka yang memang memiliki bakat, tapi tidak menutup kemungkinan bagi yang ingin belajar dan mencoba mengasah bakat menjadi seorang pencipta lagu. Setumpul apapun sebuah pisau, jika terus mengasahnya setiap hari, maka akan menjadi tajam juga. Begitu pula dengan mengasah bakat yang satu ini, belajar dan terus berusaha tanpa ada kata menyerah, dan tanamkan keyakinan dalam hati "Aku pasti bisa". Jangan takut dengan kenyataan lagu kita bagus atau jelek, itu bukanlah masalah besar. Jangankan kita yang baru belajar membuat lagu, sebuah lagu yang sudah melalui proses pembuatan di studio rekaman lengkap dengan Video Klip serta dinyanyikan oleh artis penyanyi atau Band terkenal pun kadang tidak menjadi hits bahkan tidak laku dipasaran. Untuk kita yang baru belajar bukan hal yang mustahil jika suatu saat mendapatkan ide dan inspirasi yang menghasilkan lagu dengan sangat bagus sekali dan disukai banyak orang. Bahkan mungkin lebih disukai daripada lagu yang yang dinyanyikan oleh penyanyi terkenal. Jadi mulai sekarang jadilah percaya diri dan mulai mencobanya. Jika tahap ini sudah dilakukan, berarti sekarang kita sudah punya sebuah lagu ciptaan hasil karya sendiri.

Sebuah lagu akan terasa indah dan sangat bagus sekali jika sudah lengkap dengan suara alat musik pengiring-nya. Minimal diiringi dengan suara gitar atau piano. Bagaimana jika tidak bisa memainkan alat musik ? Ajak saja teman atau sahabat yang pintar bermusik. Jika tidak punya teman yang pandai main musik, cobalah berkenalan dengan orang yang pandai dibidang memainkan alat musik, saat berkenalan, akui tentang talenta dan bakatnya, kalau perlu mengaku saja bahwa kita adalah fans beratnya, dengan begitu dia akan sedikit merasa tidak nyaman untuk menolak jika kita meminta bantuan untuk melengkapi lagu yang kita ciptakan dipadukan dengan permainan musiknya. ide yang bagus kan ? lalu bagaimana dengan proses rekamannya ? Jangan khawatir, saya punya tips-nya. Coba baca Cara merekam lagu pke Komputer. Disana saya sudah memberikan sedikit gambaran tentang software apa saja yang bisa digunakan untuk merekam lagu dan musik. Untuk yang punya pengetahuan dasar tentang Komputer, Software dan musik, pasti bisa melakukan proses tersebut dengan mudah. Lalu bagaimana untuk pemula yang baru belajar ?

Tips dasar cara membuat lagu untuk pemula
hari ini kan zamannya sudah canggih, zamannya orang muda yang memiliki rasa gengsi tinggi jika tidak pegang Handphone yang memiliki kamera, pemutar Mp3, aplikasi Video, dan aplikasi canggih lainnya. Biasanya HP seperti itu pasti punya Aplikasi perekam suara juga kan ? Nah, manfaatkan saja terlebih dahulu apa yang ada tersebut, rekam lagu menggunakan HP yang dimiliki, lalu dengarkan hasilnya, kalau perlu minta pendapat dengan teman-teman terdekat atau keluarga. Yang paling bagus adalah keluarga, jika ingin meminta pendapat teman, pilihlah teman setia yang jujur dan menyenangkan, jangan minta pendapat dengan teman yang suka syirik, lagu yang kita buat tidak akan pernah ada kata bagus ditelinga mereka, karena adanya sifat syirik tanda tak mampu.
Dengan adanya review ulang hasil rekaman yang kita buat menggunakan HP. kita sendiripun juga bisa menilainya, dan mencari dimana letak kekurangannya, lakukan perbaikan sampai hasilnya memuaskan. Saat dirasa sudah cukup bagus, cobalah belajar membuat rekaman menggunakan komputer, karena hasil Audio nya akan lumayan bagus daripada HP.

Untuk melengkapi artikel ini, saya berikan contoh lagu yang diciptakan, dinyanyikan, proses Recording dan editing yang dilakukan sendiri dirumah. Dan ingat satu pesan saya : "SIAPAPUN AKAN MAMPU JIKA ADA MAU".
Posted by: Aprilian Updated at: 12:36 AM

1 comments:

  1. Om ituu pake software apaa yaa>?? boleh bagi link donwload nya gkk,, makasih banyak,, Gd luck

    ReplyDelete

Don't forget to give your opinion by comments